Seminar Nasional Pascasarjana Kimia 2018 

Disruptive Chemistry for a Better Life

Kebutuhan masyarakat dalam berbagaiaspek kehidupan tidak terlepas dari perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Keberadaan IPTEK pada suatu bangsa memegang peranan penting bagi proses pembangunan bangsa tersebut. Berbagai aplikasi IPTEK dibutuhkan untuk menunjang aktivitas manusia. Sehingga kepedulian untuk terus memperbaharui dan mengembangkan IPTEK sangat diperlukan demi mewujudkan kesejahteraan hidup masyarakat. Perkembangan IPTEK berkaitan dengan pengkajian berbagai ilmu, salah satunya adalah ilmu kimia.  Perkembangan ilmu kimia yang pesat harus diiringi dengan peran berbagai pihak. FMIPA UGM sebagai salah satu pendukung terlaksananya kemajuan IPTEK, merupakan sarana yang tepat untuk melakukan kegiatan yang mendukung aplikasi IPTEK. Sehingga diharapkan aplikasi IPTEK tepat guna dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat yang berdampak pada kesejahteraan nasional.

            Ilmu Kimia sangat erat kaitannya dalam kehidupan manusia. Tanpa disadari, hal-hal di sekitar sering berhubungan dengan ilmu kimia, seperti makanan, obat-obatan, pakaian, bahan elektronik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ilmu Kimia mendasari beberapa ilmu lain seperti biologi, fisika, ilmu pertanian, dan lain sebagainya. Berbagai penelitian tentang hal-hal baru dalam bidang kimia dilakukan dan hasil dari penelitian tersebut dapat disajikan berupa tulisan dalam bentuk jurnal yang memberikan informasi penting untuk dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu ide-ide kreatif terus dikembangkan untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran.

            Berdasarkan alasan di atas maka Departemen Kimia FMIPA UGM bekerja sama dengan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Kimia FMIPA UGM, berinisiatif memajukan IPTEK di Indonesia dengan menyampaikan isu-isu hangat mengenai IPTEK dan mengkajinya secara mendalam dalam wadah Seminar Nasional Kimia yang sangat diharapkan dapat berlangsung rutin setiap tahunnya. Dalam Seminar Nasional Kimia 2018 ini, akan mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya dalam menyampaikan materi dan juga adanya kegiatan Call for Paper dengan sub tema Chemistry and Applied Chemistry yang merupakan salah satu dari tujuan kegiatan Seminar Nasional Kimia 2018 yang diharapkan dapat memfasilitasi para pelajar maupun akademisi dan meningkatkan inovasi, serta kreativitas masyarakat Indonesia.

            Atas beberapa pertimbangan yang ada, pada tahun 2018, kami mengangkat tema dengan judul Disruptive Chemistry for a Better Life”. Tema ini didasari oleh fenomena yang terjadi di Indonesia dimana disruptive innovation berkembang pesat, contohnya di bidang transportasi dan perdagangan. Ilmu kimia tentu memiliki peran dalam disruptive innovation yang selanjutnya akan ditelaah, dikembangkan, dan diaplikasikan oleh para kimiawan guna mengikuti tuntutan perkembangan teknologi pada era globalisasi dan ekonomi digital.

 

One thought on “Seminar Nasional Pascasarjana Kimia 2018 “Disruptive Chemistry for a Better Life”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *